A. Pendahuluan
Perubahan
yang terjadi pada masyarakat dunia ini sulit diperkirakan, utamanya jika
melibatkan pengguna perpustakaan yang memiliki kondisi sosial, ekonomi, budaya
dan aturan serta pengetahuan terhadap teknologi yang berbeda. Hal ini
mengharuskan perpustakaandapat menyesuaikan diri dan mengambil langkah
antisipatif bila tidak ingin dimakan perubahan dan ditinggalkan oleh pengguna
atau pembacanya.
Sementara
itu perkembangan teknologi informasi yang dikemas dalam bentuk informasi
digital memberikan makna percepatan dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
Oleh sebab itu, perpustakaan elektronik (e-library) dalam layanan online adalah
merupakan fasilitas yang perlu dikembangkan keberadannya,mengingat Kompetitor
Perpustakaan Nasional adalah vendor-vendor pengelola layanan yang mempermudah
dalam mencari informasi secara online melalui “ mesin pencari “ di internet,
yaitu dengan memanfaatkan google.com atau yahoo.com
B. Pembahasan
Perpustakaan sekarang
ini masih menjadi tempat yang menjemukan dan terasing dari lingkungan, oleh
karena itu perpustakaan mulai berbenah untuk memprebaiki citra diri dengan
melakukan perubahan dalam skala kecil maupun skala besar. Perubahan terkecil
dapat dilihat dengan sudah adanya nama dari perpustakaan. Selain perubahan
berskala kecil dapat ditemukan juga perubahan berskala menengah berupa adanya
website dari perpustakaan dan pembenahan ruanagan serta koleksi buku. Perubahan
skala besar sendiri terlihat pada pembangunan gedung yang sesuai dengan
standart ataupun penambahan ruangan.
Jaringan dapat
memberikan kita kemudahan dalam mengakses puluhan ribu pustaka, sehingga
koleksi juga dapat terakses oleh banyak pengguna melalui catalog yang mudah
dicari dan lengkap.
Dengan peningkatan
citra perpustakaan, diharapkan perpustakaan khususnya perpustakaan elektronik
tidak lagi menjemukan dan terasing di lingkungannya sendiri.
C. Kesimpulan
Berdasarkan uraian
diatas dapat diketahui bahwa Perpustakaan
baik itu Perpustakaan sekolah maupun Perpustakaan Nasional telah melakukan
fungsinya sebagai penyelenggara jasainformasi. Namun demikian agar layanan
prima dapat terwujud secara arif dan bijaksana, maka perlu ada peningkatan
sistem pelayanan yaitu selain memberikan layanan dalam bentuk media offline
juga memberikan layanan dalam bentuk online. Hal ini bertujuan dalam memajukan
dan mencerdaskan bangsa.
0 komentar:
Posting Komentar